Rabu, 04 Juli 2012

SEPATU FUSAL BAGUS

Permainan bola besar ini yang hampir sama dengan sepak bola, semakin seni semakin menjamur, apalagi di kota-kota besar. Di kota kecil seperti Ciamis pun, Tempat-tempat (lapang) futsal semakin banyaka dan murah saja. maka dari itu bagi teman-teman yang berminat memulainya dan belum memiliki sepatu aku kasih tips dan saran membeli sepatu futsal, memilih sepatu futsal yang baik dan bagus juga menarik.bagi pemula disarankan memilih sepatu futsal ekonomis. boleh dari ADIDAS KW SUPER maupun NIKE KW SUPER.

Bahan/Material


 Hal pertama yang harus kita perhatikan ketika memilih sepatu adalah bahannya. Terdapat beberapa jenis material yang biasa digunakan untuk membuat sepatu diantaranya kulit, kain (textile) dan bahan imitasi.
 Lalu, bagaimanakah caranya mengetahui jenis bahan yang digunakan sepatu yang akan kita beli? Pada gambar diatas terdapat gambar (pictogram) yang menjelaskan jenis bahan yang digunakan, biasanya terdapat pada label/kotak sepatu.
 Terdapat 3 pasang gambar yaitu bahan atas (upper), bagian dalam (lining/sock) dan sol (outer sole) yang masing-masing diterangkan dengan gambar lain seperti pictogram di sebelah kanan beserta keterangannya.
 Jadi bahan manakah yang paling baik?
 Sampai saat ini kulit (leather) dianggap sebagai bahan sepatu yang terbaik, terutama kulit kanguru karena kekuatan dan kelenturannya yang sangat baik membuat sepatu yang terbuat dari bahan ini sangat nyaman dipakai. Bahan kulit lain yang banyak digunakan adalah kulit kerbau tapi kualitasnya tidak sebaik kulit kanguru.
 Yang kedua adalah kain/tekstil, bahan rajutan ini biasanya digunakan pada sepatu futsal tipe Sala pada beberapa merek. Keunggulannya adalah lebih ringan, mudah menyerap keringat dan mudah mengeluarkan panas (breathable) karena berpori.
 Yang terakhir adalah bahan imitasi, bahan ini kurang baik durabilitasnya, gampang terkelupas dan mudah sobek terutama pada bagian jahitan selain itu lebih kaku dibanding dua bahan lainnya.
 Tetapi sekarang bahan ini terus dikembangkan dan banyak diciptakan bahan-bahan baru yang semakin baik seperti bahan berserat karbon yang ringan dan kuat.

Bagian Atas Sepatu

 Model dari bagian atas sepatu sebenarnya tidak terlalu penting, tetapi ada hal-hal yang perlu kita perhatikan yaitu pada beberapa bagiannya terutama pada bagian yang paling sering digunakan untuk menendang. Pada bagian-bagian tersebut harus dipastikan nyaman dan kuat, perhatikan jenis bahan dan jahitannya serta bahan pelapis di dalamnya. Yang lainnya adalah bentuk dari tempat memasang tali sepatu, untuk yg bermodel menyamping perlu diperhatikan bagian yang dilingkari pada gambar diatas, pastikan bagian ini tidak menggangu bagian atas kaki ketika digunakan (ada satu merek sepatu yang kurang baik desainnya pada bagian ini).
 Untuk lidah sepatu pastikan dilapisi dengan bahan kain dan busa sehingga cukup nyaman digunakan menendang, untuk bentuknya baik yang bisa ditekuk kedepan atau bentuk tradisional tidak terlalu penting, bentuk yang dapat ditekuk hanya membuat simpul tali sepatu lebih terlindungi yang menjadikannya lebih awet karena jarang mendapat gesekan dengan bola.

Bagian Depan (Toecap)

 Pada permainan futsal yang lebih cepat dan lapangannya terbilang kecil kita lebih banyak menggunakan bagian depan kaki untuk menendang dibanding ketika bermain sepakbola, maka bagian toecap ini harus mendapat perhatian khusus untuk menghindari cedera pada jari kaki. Pada gambar diatas diperlihatkan hal-hal penting pada sepatu futsal yang baik.
 A. Jahitan pada sol depan, yang memberikan kekuatan tambahan untuk menghindari lepasnya lem yang menggabungkan sol dengan bagian atas sepatu.
 B. Bahan tambahan pada bagian depan untuk menghindari rusaknya bagian atas sepatu, bahan yang digunakan biasanya berupa bahan yang lebih tahan gesekan dan kuat seperti kulit yang dibalik (suede).
 C. Pelindung tambahan, untuk memperkuat dan melindungi jari kaki bahan yang dipakai biasanya berupa karet.

Bagian Belakang Sepatu (Back & Heel)

 Pada bagian ini yang harus diperhatikan adalah penopang tumit yang cukup kokoh tidak mudah tertekuk juga bagian sol yang empuk dan cukup tebal untuk menahan benturan pada bagian tumit kaki ketika berlari. Biasanya pada bagian ini dilapisi dengan bahan EVA yang ringan dan empuk atau pada beberapa merek digunakan peredam khusus seperti bantalan udara pada bagian dalam sol.
 Di bagian tumit pada beberapa model sepatu ada yang menambahkan bahan karet yang tujuannya untuk memantapkan akurasi tendangan ketika melakukan backheel (mengoper/menendang dengan tumit) namun ini tidak terlalu penting, karena hanya sebagai fitur tambahan saja.

Lapisan Dalam & Sol Dalam (Lining & Insole)

 Pada sepatu yang baik bagian dalamnya akan dilapisi dengan bahan yang lembut dan kuat serta dapat menyerap keringat dari kaki, selain itu sol dalamnya juga empuk serta pada bagian dibawah sol akan dilapisi dengan kain/tekstil yang ikut dijahit, bukan hanya lapisan karton untuk menutup bagian sol bawah saja seperti terdapat pada sepatu dengan harga murah.
 Terkadang pada bagian belakang sol bahan yang digunakan adalah imitasi bukan kain, untuk yang menggunakan bahan ini perlu dicoba apakah cukup lembut atau terlalu kaku karena kalau terlalu kaku dapat menyebabkan tumit melepuh (blister).

Sol (Sole)

 Sol harus lentur, cukup tebal dan kesat. Sol yang terlalu tipis akan menyebabkan benturan kaki dengan lantai tidak teredam dengan baik dan lama kelamaan akan menyebabkan cedera.
 Pada gambar diatas ada 2 bagian sol yang ditandai, yang pertama adalah bagian metatarsal, sol pada bagian ini sering diberi desain dan bahan khusus yang gunanya untuk memudahkan pergerakan terutama ketika hendak merubah arah.
 Bagian lainnya adalah lengkungan kaki (arch) pada gambar diatas dapat dilihat bagian penguat dari bahan plastik yang kaku, gunanya untuk menunjang bagian lekukan yang sangat berguna bagi yang memiliki bentuk “kaki bebek” (telapak kaki yang rata).

Jenis Sol

 Karena banyak sekali lapangan futsal di Indonesia yang menggunakan rumput buatan (turf) maka kita bahas juga jenis sol ini. Sol yang digunakan untuk lapangan ini pada gambar diatas adalah gambar di sebelah kanan, memiliki tonjolan-tonjolan (pull) dan berbahan lebih keras dibanding sol sepatu futsal biasa.
 Pada beberapa merek bisa dikenali dari kode pada modelnya seperti TF/TT/Turf, jenis ini sangat cocok digunakan pada lapangan ini karena akan memberikan grip pada kaki ketika berlari atau saat menendang terutama pada kaki tumpuan berbeda dengan sepatu futsal biasa (IN/IC/Indoor) yang akan sangat licin kalau digunakan pada lapangan rumput sintetis.

Penutup
Pengen Yang Udah Pasti yaa beli nya di sini. Dijamin Sepatu Futsal Murah dan KEREN, namun tetep berkualitas...

0 komentar:

Posting Komentar